Feature

Muhammad Miftahudin Jadi Wisudawan Terbaik UIN Pekalongan 2022, Begini Kunci Suksesnya

PekalonganJurnalphona.com Muhammad Miftahudin, mahasiswa yang berhasil menyandang gelar wisudawan terbaik di Universitas Islam Negeri (UIN) KH. Abdurrahman Wahid periode ke-43 tahun 2022. Dengan perolehan IPK 3,93 dan menyandang gelar Cumlaude, ia merasa predikat cumlaude maupun wisudawan terbaik adalah sebuah bonus saat wisuda. Menjadi wisudawan terbaik tentu harapan semua mahasiswa.

Muhammad Miftahudin menceritakan awal perjalanan kuliahnya yang semula sempat tidak ada niat untuk melanjutkan pendidikan karena merasa tidak mungkin, namun dengan semangatnya ia mencoba memberanikan diri untuk mendaftar melalui jalur mandiri serta mengikuti beberapa tes seleksi sampai akhirnya diterima sebagai mahasiswa.

Miftahudin menjalankan aktivitas kuliah sama seperti mahasiswa lain. Pada semester 3 ia mendapatkan beasiswa peningkatan akademik, dan mencoba mendaftar beasiswa Bank Indonesia.
Miftahudin mengatakan proses skripsi yang dijalankan tidak begitu cepat karena baru mengikuti pendaftaran munaqosah di detik-detik akhir, ia mengaku kesulitan saat melawan rasa malasnya yang membuat tugas akhir menjadi terbengkalai.

Selain itu Miftahudin juga menyampaikan rasa senangnya selama berkuliah di UIN K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan. Karena dekat, ia merasa kampus ini mempunyai kapabilitas yang mumpuni. Sistem pembelajaran berupa kurikulum, kuliah offline dan online juga telah ia rasakan selama di perkuliahan.
“Sukanya sendiri karena domisili daerah sini jadi merasa dekat, dari segi kualitas keilmuan punya kapabilitas yang mumpuni. Saya pernah merasakan dulu kuliah offline dan beberapa di akhir semester saya harus menemui kuliah online mau tidak mau karena adanya covid-19.” Ujarnya.

Tidak hanya aktif dalam kegiatan akademik, namun ia juga memiliki hobi membaca dan juga tidak pernah lepas dari kegiatan menulis. Ia turut berpartisipasi dalam kegiatan non akademik dengan mengikuti berbagai lomba karya tulis dari tingkat fakultas hingga nasional.

Wisuda ini ia persembahkan untuk kedua orang tuanya. Selain itu ia juga memberikan tips kepada mahasiswa agar selalu rajin masuk dalam perkuliahan dan belajar secara lebih luas dilingkungan luar kampus.

Usai menyelesaikan studi, Miftahudin berkeinginan untuk dapat melanjutkan pendidikannya serta dapat memberikan manfaat pada sekitarnya.
“Saya ada keinginan untuk bisa melanjutkan studi dan paling tidak kita bisa memberikan manfaat, apa yang bisa kita berikan selain itu,” tuturnya.***

Penulis : Marshayu Adhi Sabrina

Reporter : Evi Sri Rahayu

Satu Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.