Vaksinasi
Berita Daerah

Pemerintah Kota Pekalongan Gelar Vaksinasi Covid-19 bagi Organisasi Kemasyarakatan

PekalonganJurnalphona.com Sasaran kegiatan vaksinasi covid-19 ditujukan bagi anggota organisasi kemasyarakatan Kota Pekalongan yang berusia 50 tahun keatas yang bekerjasama dengan dinas kesehatan dan PKK Kota Pekalongan. Jumat, (25/6).

Kota Pekalongan kembali menduduki zona merah pada perkembangan virus covid-19 yang tak kunjung usai. Kegiatan vaksinasi covid-19 di Kota Pekalongan merupakan usaha sadar pemerintah kota untuk menekan peningkatan angka kasus covid-19. Rencana awal pemerintah kota dalam kegiatan vaksinasi ini untuk menarik masyarakat dalam berpartisipasi, sehingga muncul kemungkinan adanya penurunan kasus covid-19.

Kegiatan vaksinasi covid-19 ini diutamakan pada lansia yang bekerja sama dengan organisasi kemasyarakatan guna untuk memberi contoh kepada masyarakat lain. Hasil dari partisipasi kegiatan tersebut telah mencapai 353 pendaftar lansia dan hal tersebut merupakan tahap awal untuk mengembangkan vaksin agar dapat menyeluruh untuk masyarakat Kota Pekalongan disemua kalangan. Vaksin ini sudah dipastikan halal dan aman untuk lansia, dibuktikan dengan sudah dicek oleh pihak MUI dan tidak ada gejala serius bagi masyarakat yang sudah divaksin sejauh ini.

Organisasi masyarakat Kota Pekalongan yang terlibat dengan kegiatan vaksinasi covid-19 ini meliputi Muslimah, Aisyah, Wanita PKS, Bhayangkari, PKK, Gabungan Wanita Kristen Kota Pekalongan, DKV, Polri, dimana total organisasi yang bergabung sekitar delapan organisasi. Program vaksinasi bersama organisasi kemasyarakatan Kota Pekalongan, digelar satu hari dengan membagi dua gelombang pagi dan siang. Kegiatan vaksinasi diadakan mulai pukul 08.30 sampai 14.30 WIB. Sasaran utama vaksinasi ditujukan pada lansia dengan umur 50 tahun keatas yang terlibat dalam sepuluh organisasi yang terdaftar.

Pemerintah Kota Pekalongan beserta jajarannya sudah mempersiapkan persyaratan untuk masyarakat yang akan divaksin, seperti memiliki umur 50 tahun keatas, sehat jasmani, dan lolos dalam proses screnning agar bisa melakukan vaksin. Kegiatan vaksinasi berjalan dengan lancar, kondusif, dan menerapkan adanya protokol kesehatan. Untuk vaksin tahap dua akan diadakan pada 23 Juli 2021. Dengan adanya program ini, pemerintah melihat adanya kesadaran dari masyarakat untuk ikut berpartisipasi yang merupakan bentuk pencegahan virus covid-19 dimasyarakat. Masyarakat yang sudah divaksin memiliki kesempatan dalam taraf penyembuhan yang lebih cepat apabila terkena covid-19. Oleh sebab itu, pentingnya vaksinasi bagi masyarakat Kota Pekalongan.

“Kegiatan vaksinasi covid-19 yang merupakan Program Pemerintah Kota, ini menunjukan rasa kepeduliannya terhadap masyarakat agar dapat hidup sehat dan nyaman. Kegiatan ini baik untuk diselenggarakan melihat situasi kondisi Kota Pekalongan dalam zona merah. Apalagi kegiatan ini tidak dipungut biaya.” Jelas sumi 50 tahun, Masyarakat Kota Pekalongan.

Proses dalam melakukan vaksinasi masyarakat dicheck up oleh tenaga medis, meliputi checkup darah, darah gula, tensi, kolestrol dan asam urat pada peserta vaksin. Proses tersebut dilakukan dengan teliti dan tenaga medis memberi pertanyaan terkait kondisi tubuh pada hari itu. Guna untuk mengetahui gelaja sebelum di vaksin. Setelah divaksin peserta dianjurkan untuk beristirahat selama 30 menit dan minum air hangat untuk mengembalikan kondisi tubuh. Perwakilan dari organisasi kemasyarakatan untuk menjadi contoh anggota organisasi lain agar tidak takut untuk di vaksin. Vaksin akan berjalan dengan lancar dan baik diterima oleh tubuh apabila pikiran kita positif.

Walikota Pekalongan menyampaikan bahwa “Setelah diadakan program vaksinasi dihimbau masyarakat untuk terus menjaga protokol kesehatan dengan menerapkan 5M, yaitu mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumuman, dan mengurangi mobilitas. Hal ini harus didukung penuh oleh masyarakat karena masyarakat merupakan peran utama dalam mengurangi adanya virus covid-19 di Kota Pekalongan. Aktivitas masyarakat juga dihimbau untuk dikurangi hingga Pekalongan kembali dalam keadaan zona orange. Perkembangan covid-19 dapat dipantau hingga 5 Juli 2021”

Harapan utama adanya program pemerintah untuk menciptakan masyarakat yang sehat dan aman melalui kegiatan vaksinasi covid-19 ini tentu untuk mengurangi adanya angka kasus covid-19, dapat menjadi energi bagi masyarakat Kota Pekalongan akan pentingnya vaksinasi covid-19 demi mencapai kesehatan bersama dan agar dapat melakukan aktivitas seperti semula. (SA/DR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.