Resensi Buku

Tentukan Jawabanmu dan Arah Hidupmu

Identitas Buku:
Judul buku:
Beautiful Question for Success (Bagaimana Kaya, Bahagia, dan Punya Banyak Waktu)
Penulis : Fitria Zelfis
Penerbit: Buku Pintar

ISBN: 978-602-288-014-1
Tahun cetakan: 2014

Jumlah halaman: 196 halaman
Panjang dan lebar buku: 13×19 cm
Peresensi: Rismawati

“Orang yang menyadari hidupnya bukan untuk makan, maka akan mengarahkan hidupnya pada hal-hal yang lebih bernilai daripada uang tanpa melupakan usaha untuk menjadi orang yang berhasil secara finansial.”

Kalimat itu merupakan kalimat pertama bagian prolog dari buku Beautiful Question for Succsess. Penulis benar-benar membuat buku ini memiliki value karena didukung dengan penelitian-penelitian yang kuat. Selanjutnya, buku yang ditulis oleh Fitria Zelfis ini juga tidak hanya berdasar pada pengalaman hidup si penulisnya dan kutipan-kutipan buku lainnya, melainkan ada yang berdasarkan pada keagamaan. Buku Beautiful Question for Succsess ini memiliki sepuluh bab dan dilengkapi dengan bagian prolog serta epilog.

‘Apakah kita hidup untuk makan? Atau makan untuk hidup?’(Halaman 6)

‘Tidakkah kita harus mengubah orientasi kita dari sekedar mengejar uang dengan mengejar hidup bernilai tanpa mengurangi “nilai uang” bagi kehidupan kita?’ (Halaman 8)

‘Apakah tidak sayang hidup yang sekali dengan jatah waktu yang terbatas ini kita habiskan untuk urusan perut saja?’ (Halaman 9)

Selain tiga pertanyaan di atas ada beberapa pertanyaan menarik lainnya yang membawa pembaca pada persoalan hidup, kesuksesan, kebenaran, pemikiran, hati, dan hidup yang abadi.  Setelah membaca selesai buku ini, saya setuju dengan pernyataan penulis tentang hidup itu luas dan kita perlu memandangnya secara komprehensif. Dengan kita mengikuti “kebenaran” yang ada di masyarakat tanpa menyesuaikannya dengan kebutuhan membuat seolah kita hidup dengan “rancangan jalan kebenaran” yang ada. Padahal, belum tentu, “rancangan” tersebut yang sesuai untuk kehidupan kita. Kemudian di buku ini, pada setiap babnya terdapat cerita atau contoh-contoh nyata inspiratif, salah satunya pada bab empat, sub-bab ‘Hidup dan Kesempatan.’

Pada bagian itu ada perumpaan cerita dari dua biji kacang yang saling bertentangan, salah satunya ingin hidup dan tumbuh besar dengan keberanian dan satu lainnya justru sebaliknya, ia terlalu takut dengan hambatan yang akan dia temui kedepannya.

Setelah cerita perumpamaan tersebut, ada kalimat dari Fitria Zelfis yang membuat saya tertampar.

‘Kesempatan tidak untuk ditunggu tapi diciptakan.’

Kalimat sederhana yang jika diresapi akan membuat sadar para pembaca bahwa kesempatan tidak untuk ditunggu dan perlu usaha untuk mendapatkannya datang. Hiudup memang seperti itu, kita tidak cukup jika hanya menunggu, perlu aksi atau usaha dalam menjalakannya. Kesempatan memang bukan satu-satunya hal baik yang membawa kita pada kesuksesan, tetapi dengan memiliki kesempatan kita dapat masuk ke dalam gerbang jalan yang kita mau.

Selanjutnya pada bagian epilog, penulis menyantumkan firman Allah dan mengajak kita untuk memperhitungikan waktu yang telah kita habiskan untuk bekerja, tidur, beribadah, dan bermanfaaat di dunia. Menurut saya hal itu tidak terlalu penting, tetapi berhasil membuat kita kembali tersadar untuk tidak membuang waktu selama hidup di dunia. Kemudian mengingatkan kita untuk dapat ‘mati yang tetap hidup’ dengan meninggalkan sesuatu yang berharga untuk orang lain.

Kelebihan: Bahasa dalam buku ini cukup santai sehingga pembaca lebih mudah memahaminya. Terdapat footnote, perumpamaan cerita yang menarik dan mudah untuk diingat, serta terdapat daftar pustaka di bagian akhirnya sehingga kita dapat membaca buku lainnya yang berkaitan. Pengemasan cerita yang to the point meskipun tidak disajikan dalam bentuk cerita pendek atau novel. Halaman tidak terlalu banyak sehingga pembaca tidak bosan. Ukuran dan jenis font yang pas, tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar.

Kekurangan: Cover yang kurang menarik, judul buku juga kurang menarik minat pembaca. Blurb yang ada di belakang cover tidak begitu menjelaskan isinya.

Rekomendasi: Secara keseluruhan, “Beautiful Question for Success” adalah bacaan yang inspiratif dan bergenre self improvement. Fitria Zelfis berhasil mengajak pembaca untuk merenung tentang arah hidup mereka dan mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang dapat mengubah kehidupan. Buku ini direkomendasikan bagi siapa pun yang ingin menjalani hidup dengan penuh makna dan mencapai kesuksesan dalam berbagai aspek kehidupan. Namun, bagi seseorang yang lebih cocok atau suka dengan buku yang memiliki alur atau plot, buku ini tidak terlalu direkomendasikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.