Berita Kampus

UKM F Narashakti Adakan Penanaman Pohon Bersama: Sebagai Simbol Penghijaun

PekalonganJurnalphona.com Penanaman pohon yang dilakukan Oleh UKM F (Unit Kegiatan Mahasiswa Fakultas) Narashakti sebagai simbol penghijauan dan bentuk adanya peduli lingkungan terhadap kampus, khususnya untuk FUAD (Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah) IAIN Pekalongan. Kamis (03/03)

Gerakan Penghijauan Fakultas yang dilakukan oleh UKM F Narashakti dengan penuh gotong royong berjalan baik di sekitar halaman gedung FUAD Kampus II IAIN Pekalongan. Kegiatan ini dimulai sejak pukul 9 pagi hingga selesai pada pukul 1 siang. Ini merupakan kegiatan yang sengaja diselenggarakan dengan tujuan sebagai bentuk penghijauan lingkungan.

“Tujuan dari adanya pelaksanaan ini yakni agar gedung FUAD disini terlihat hijau, hal ini seperti yang di harapkan pak Rektor dan pak Wadek bahwa FUAD itu harus hijau,” ucap Dimas Muhammad Rizki selaku Koordinator Sumber Daya dan Humaniora.

Penghijauan yang diadakan UKM F Narashakti berjalan dengan persiapan yang cukup matang, mulai dari mempersiapkan tumbuhan yang hendak ditanam, berbagai alat berkebun, serta area tanam yang telah digali. Sebelum pelaksanaan kegiatan penghijauan, UKM F Narashakti sudah terlebih dahulu mengumpulkan beberapa tanaman yang diberikan oleh para donatur, yakni diantaranya ada dari pihak Dosen, Mahasiswa dan juga ORMAWA (Organisasi Mahasiswa). Kegiatan pengumpulan donasi tanaman ini dibuka sejak tanggal 21 Februari hingga 1 Maret 2022.

“Untuk pengumpulan donasi tanaman sudah di buka sejak tanggal 21 Februari hingga 1 Maret, dan dari kami sudah menyebarkan pamflet pemberitahuan sejak tanggal 1 Februari. Jadi sudah dari 1 bulan yang lalu,” imbuhnya menjelaskan.

Di sisi lain, beberapa dari pihak donatur tanaman, salah satunya datang dari SEMA (Senat Mahasiswa) Fakultas yang turut berkontribusi dalam bentuk pengumpulan berupa tumbuhan diantaranya yaitu; Mangga, Rambutan dan yang berbagai jenis tanaman lain. Menurut M. Aviq Ulya, selaku Ketua SEMA Fakultas menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan yang positif karena dengan adanya penghijauan tentu akan menuai banyak manfaat, seperti menambah pasokan oksigen diudara dan membuat lingkungan menjadi lebih sejuk. Pihak SEMA juga turut senang dengan adanya kegiatan ini, karena dapat menambah rasa kekeluargaan utamanya di lingkup UKM F Narashakti.

“Saya melihat kegiatan ini sangat terkesan, dengan adanya hal ini dari ORMAWA dan dosen bisa ikut berkontribusi, artinya dapat terlihat bahwa FUAD mempunyai rasa kekeluargaan dalam bentuk gotong royong,” ujarnya saat tim wartawan jumpai.

Selain itu, Aviq juga menambahkan agar kegiatan seperti ini terus ditingkatkan dan makin bersinergi lagi.

“Mungkin untuk kedepannya harus lebih bersinergi lagi, dalam artian bagi yang belum terjun secara langsung, bisa ikut merasakan kotor-kotoran bareng, kita bisa eksekusi dengan cara menanam pohon secara bersama,” tambahnya.***

Penulis: Nazira Laela Nasta

Reporter: Rismawati, Rifa Aprila Durrotul Aisy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.