Berita Kampus,  SoftNews

Divisi Jurnalistik Terbitkan Buku Antologi Puisi Aksara Manungsa

BatangJurnalphona.com Divisi Jurnalistik HMJ KPI (Himpunan Mahasiswa Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam) IAIN (Institut Agama Islam Negeri) Pekalongan terbitkan sebuah buku antologi puisi dengan judul Aksara Manungsa. Yang dirilis pada acara Malam Puncak Kpi’s Day ke-8 di Ballroom Hotel Dewi Ratih, Batang. Sabtu, (30/10).

Divisi Jurnalistik menerbitkan sebuah buku antologi puisi Aksara Manungsa yang merupakan buku ketiga. Sebelumnya Divisi Jurnalistik telah menerbitkan buku antologi puisi Rasi dan Semesta ditahun yang berbeda. Buku Antologi Puisi Aksara Manungsa mengangkat tema Kemanusiaan.

Karya puisi yang ada di dalam buku antologi puisi Aksara Manungsa merupakan hasil pengumpulan karya dari mahasiswa IAIN Pekalongan. Dikumpulkan sejak bulan Februari hingga bulan Juli. Divisi Jurnalistik menerbitkan hingga 100 naskah puisi. “Untuk naskah yang ada di dalam buku ada 100 naskah,” terang Elsa Maulidina selaku Koordinator Divisi Jurnalistik.

Penerbitan buku antologi puisi Aksara Manungsa diterbitkan secara independen dipenerbit lokal dan mendapatkan ISBN (International Standard Book Number). Pemilihan penerbitan secara independen dikarenakan jarak antara pengumpulan karya dengan dirilisnya buku sangat berdekatan. “Untuk penerbitan buku kita memilih terbit secara independen mengingat buku ini disengaja untuk memeriahkan acara Kpi’s Day dan tahun ini, untuk pertama kali buku antologi terbit dengan mendapatkan ISBN,” jelas Elsa Maulidina.

Konsep pembacaan puisi pada tahun ini berbeda, karena pembacaan puisi kali ini Divisi Jurnalistik berkolaborasi dengan divisi lain dari HMJ KPI, dan untuk tahun ini lebih terkonsep pada pembacaan puisinya. Adanya launching buku antologi puisi ini sebagai bentuk kontribusi Divisi Jurnalistik dalam memeriahkan acara yang sudah menjadi kebiasaan turun temurun dari angkatan-angkatan sebelumnya. Pada pembacaan puisi di acara Kpis’day yang ke 8 ini benar-benar patut apresiasi untuk para pembaca, karena pada pembacaan puisi bisa sampai ke pendengar. Juga sangat luar biasa, persiapannya cukup matang dan konsep dari acaranya yang juga bisa menyesuaikan dengan puisinya.

“Pembacaan puisi pada acara Kpi’s Day yang ke 8 ini sangat sangat luar biasa karena persiapannya yang cukup matang dan pemilihan puisinya yang tepat juga konsep dari acaranya yang bisa menyesuaikan sama bacaan dan isi puisi, sehingga hasilnya itu benar-benar memuaskan,” ucap Elsa Maulidina.

Adapun dari pihak peserta Rheina Putri Yulita, yang ikut serta berpartisipasi mengirimkan karya puisinya, ia menuturkan bahwa tertarik mengirimkan puisi ke HMJ, karena ia termasuk pecinta puisi dan hobi menulis. Dengan adanya launching buku antologi puisi ini memberikan peluang kepada mahasiswa yang berkarya tentang puisi.

Selain itu dari pihak demisioner Ofni Oftafiana angkatan KPI 2017, menyampaikan pembacaan puisi di malam puncak Kpi’s Day ini keren sekali dan sangat menghayati. “Gila keren banget, menghayati apalagi bagian klimaksnya merinding,” tuturnya dengan antusias. Ia juga berharap, untuk antologi puisi di tahun tahun ke depan harus tetap ada. (RN/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.