Berita Kampus

Gandeng PC GP Ansor dan PC Fatayat NU Kabupaten Pekalongan, FUAD Gelar Seminar Road to UIN

Pekalongan-Jurnalphona.com Fakultas Ushuludin, Adab, dan Dakwah (FUAD) IAIN Pekalongan bekerja sama dengan Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor dan PC Fatayat Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Pekalongan, mengadakan seminar road to UIN (Universitas Islam Negeri) K.H Abdurrahman Wahid mengangkat tema “Aktualisasi Spirit Perjuangan Gus Dur untuk Menumbuhkan Sikap Moderasi Beragama”. Digelar di Koridor Utama Gedung FUAD Lantai dua IAIN Pekalongan. Senin, (30/05).

Seminar road to UIN dilaksanakan dengan beberapa rangkaian acara yakni pembukaan, pembacaan ayat suci Al-Qur’an, sambutan-sambutan, penandatanganan surat kerja sama antara FUAD dengan PC Anshor serta PC Fatayat Kabupaten Pekalongan, penyampaian materi oleh Abdul Moqsith Ghozali, sesi tanya jawab, penyerahan sertifikat kepada pemateri dan diakhiri dengan doa penutup. Acara ini dihadiri kurang lebih dua ratus tamu undangan dengan seratus lebih tamu undangan dari luar dan sisanya adalah dari internal fakultas. Tamu undangan terdiri dari PC GP Anshor, PC Fatayat, perwakilan Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU), perwakilan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kabupaten Pekalongan dan seluruh dosen serta perwakilan organisasi mahasiswa yang ada di FUAD.

Ketua Pelaksana seminar Amat Zuhri mengungkapkan, seminar road to UIN yang diselenggarakan FUAD merupakan kerja sama antara PC GP Anshor dan PC Fatayat NU Kabupaten Pekalongan. Sebagai bentuk kerja sama antara IAIN dengan lembaga sosial kemasyarakatan.

“Jadi kegiatan ini adalah langkah awal kerja sama kita dengan organisasi sosial kemasyarakatan yang ada di Kabupaten Pekalongan. Dalam hal ini PC GP Anshor dan PC Fatayat. Perlu diketahui bahwa IAIN Pekalongan memiliki program Proberkat (Program Pemberdayaan Masyarakat) nanti disitu akan di sasar siapa yang diberdayakan, dimana lokasi pelaksanaannya. Maka dari itu dibangunlah bentuk kerja sama ini,” tutur Amat Zuhri.

Ia juga menyampaikan bahwa nantinya bukan hanya FUAD saja yang mengadakan seminar, tapi kegiatan serupa akan dilaksanakan di fakultas lain. Selain bentuk kerja sama, tujuan dilaksanakannya seminar ini adalah dalam rangka menyambut alih status dari IAIN Pekalongan menjadi UIN Abdurrahman Wahid.

Tema yang diangkat dalam kegiatan seminar ini relevan dengan visi FUAD, yakni ketika telah beralih menjadi UIN, FUAD dapat menjadi fakultas yang unggul dan terkemuka dalam menciptakan masyarakat yang soleh, cerdas, unggul dan moderat.

Dengan mengangkat tema besar moderasi beragama, diharapkan semua komponen masyarakat dapat saling memahami dan bergotong royong dalam mewujudkan islam yang damai dan dinamis. Seperti yang diungkapkan Sam’ani Sya’roni dalam sambutannya.

“Seluruh komponen masyarakat hari ini harus bersama-sama. Salah satu syarat untuk beraktualisasi maka tentu sikap-sikap keberhasilan ini harus dipikul oleh seluruh komponen. Moderasi beragama ini tidak ekstrim, tidak tengah tidak kiri,” ucapnya.

Jariyah, selaku perwakilan PC Fatayat Kabupaten Pekalongan turut menyampaikan ucapan terima kasih atas kerja sama dan terselenggaranya acara ini.

“Mewakili PC Fatayat dan Ansor mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh keluarga besar khususnya kepada dekan FUAD sekaligus seluruh dosen yang sudah merangkul kami banom NU, untuk ikut berpartisipasi serta dalam kegiatan seminar hari ini. Selain sebagai ajang silaturahmi dan menjalin kerja sama. Kami juga alhamdulillah bisa meningkatkan kapasitas diri pengetahuan tentang moderasi beragama,” ungkapnya dalam sambutan.

Ia juga menyampaikan ucapan selamat dan sukses kepada IAIN Pekalongan dalam perjalannya menjadi UIN.***

Penulis: Choerul Bariyah
Reporter: Zidni Mubarok

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.