SoftNews

Antusias Pengunjung di Pasar Induk kajen Meningkat Jelang Lebaran

PekalonganJurnalphona.com Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah, Pasar Induk Kajen ramai dipadati pengunjung. Pengunjung tampak berjubel memadati pasar untuk berburu kebutuhan lebaran. Rabu, (27/4).

Antusiasme masyarakat meningkat H-5 jelang lebaran. Hal ini dirasakan oleh para pedagang yang ada di Pasar Induk Kajen, seperti halnya Astuti (56) seorang pedagang pakaian. Menurutnya peningkatan di bulan ramadan menjelang lebaran selalu ada, namun tidak seperti tahun-tahun sebelumnya.


“Untuk peningkatan penjualan pasti ada, tapi tidak seperti tahun-tahun sebelum adanya pandemi,” ucapnya.

Adanya antusias masyarakat yang tinggi, hal ini menjadikan omset yang didapatkan Astuti menjelang lebaran bisa mencapai 1 Juta perhari. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, peningkatan omset di tahun ini terbilang sangat lumayan. Namun demikian, ia juga menyampaikan keresahannya selaku penjual pasar. Saat ini, dengan maraknya toko online atau e-commerce banyak dari konsumen yang akhirnya memilih berbelanja di platform online dengan segala kemudahannya.

Namun, hal tersebut tidak membuatnya pesimis dalam berjualan. Menurutnya, banyak dari pembeli yang masih suka berbelanja di toko secara langsung, karena menimbang berbagai dampak berbelanja di toko online. Selain itu, pembeli yang sudah berlangganan tentu akan selalu datang ke toko karena sudah mengetahui kualitas barang di tokonya.


“Setelah adanya toko online, kita sekarang harus pinter untuk menjual produk kita,” imbuhnya. Menurutnya pembeli lebih suka datang langsung ke toko, karna bisa melihat barang secara langsung.

Disisi lain menurut salah satu pembeli, yakni Nindah dari Desa Kalipancur menyampaikan bahwa ia lebih memilih berbelanja secara langsung di pasar.
“Saya lebih menyukai belanja langsung di pasar karena sudah terbiasa dan jujur kurang suka kalau belanja online,” ucapnya.

Tak jauh berbeda Pengunjung Pasar Induk Kajen lainya, Farhan (22) seorang Mahasiswa (Institut Agama Islam Negeri) IAIN Pekalongan yang kami jumpai di pasar bersama kedua orang tuanya juga turut berbelanja membeli kebutuhan jelang lebaran.


“Saya disini cuma beli sepatu dan celana saja, karena untuk baju muslim alhamdulillah masih ada,” ucapnya saat tim wartawan temui.

Lebaran menjadi momentum yang ditunggu-tunggu masyarakat, oleh karena itu Pasar menjadi salah satu tujuan yang dikunjungi warga untuk membeli kebutuhan lebaran terlebih di masa-masa setelah pandemi berakhir.***

Penulis: Zidni Mubarok

Reporter: Nastain, Zidni Mubarok

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.