Berita Daerah

Perdana Adakan Bazar Bakulers sebagai Wadah UMKM Kabupaten Pemalang

Pemalang-Jurnalphona.com Komunitas UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) adakan Bazar Bakulers untuk meningkatkan kembali perekonomian pedagang Kabupaten Pemalang dengan membuka lima puluh stand bazar dan memperkenalkan seribu produk UMKM. Sabtu (19/03).

Dua tahun masa Pandemi menjadi tantangan para pedagang dan pengusaha untuk tetap mempertahakan produknya ditengah guncangan ekonomi yang tidak stabil. Berbagai cara telah dilakukan untuk menjaga keseimbangan perekonomian. Seperti usaha yang dilakukan suatu komunitas UMKM Kabupaten Pemalang yang menggelar Bazar Bakulers secara perdana pada 19 Maret 2022. Bazar Bakulers ini dilaksakan selama dua hari, dimulai dari hari Sabtu dan berakhir pada hari Minggu tanggal 20 Maret 2022. Trobosan baru ini berawal dari pesan Bupati Pemalang bahwa UMKM harus mandiri dalam mempertahankan perekonomian, hal itu sesuai dengan tagline bazar Bakulers yakni “UMKM Mandiri, UMKM Kreatif, Ekonomi Bangkit.”

Bazar Bakulers Pemalang ini berhasil mengumpulkan lima puluh UMKM dan mendirikan stand yang mengenalkan seribu produk daerah Pemalang. Acara ini didukung penuh oleh Pemerintah Daerah khususnya Pemerintah Desa Penggarit yang dengan sukarela memberikan fasilitas tempat untuk berlangsungnya acara tersebut. Bazar Bakulers Pemalang mengusung konsep non komersil dan fokus pada swadaya UMKM, yang artinya tidak menerima bantuan dana dari pihak manapun kecuali sponsorship tenda. Tujuan utama diselenggarakannya acara ini adalah untuk menumbuhkan perekonomian UMKM daerah Kabupaten Pemalang serta mengenalkan produk yang berkualitas kepada masyarakat sekitar.

Acara bazar Bakulers Pemalang kali ini dimeriahkan oleh hiburan akustik, senam pagi, dan orjen tunggal dari komunitas Gabah Emas. Acara ini mendapatkan antusias dari warga sekitar dengan ikut meramaikan bazar ini. Salah satu pengunjung bazar Bakulers, Ibu Deni menuturkan, “walaupun saat pembukaan acara cuaca kurang mendukung karena hujan, tetapi saya ikut mengapresiasi dengan membeli makanan dan kebutuhan pangan seperti bakso, tomat, cabe, jambu kristal, dan es jamu beras kencur. Dalam bazar Bakulers ini produk yang dijual dengan harga terjangkau dan tetap berkualitas.”

Bazar Bakulers ini merupakan bentuk usaha sadar untuk membangkitkan perekonomian masyarakat terutama pedagang Kabupaten Pemalang. Menurut Ela salah satu UMKM yang berpartisipasi dalam bazar Bakulers Pemalang mengatakan, “UMKM yang bergabung pada bazar Bakulers ini dikoordinasi oleh pihak komunitas UMKM dalam membuka stand melalui grup Bakulers dengan mengisi formulir yang berisi persyaratan, ketentuan, serta peraturan tertulis selama acara berlangsung.”

Acara perdana yang diadakan komunitas UMKM ini memiliki harapan besar yakni untuk meningkatkan perekonomian wilayah Kabupaten Pemalang. “Semoga Pemerintah Kabupaten Pemalang bisa memfasilitasi komunitas UMKM Kabupaten Pemalang untuk bersama-sama meningkatkan perekonomian masyarakat dan bisa membantu komunitas untuk menjadikan bazar Bakulers ini sebagai kegiatan rutinan setiap tahunnya.” Tutur Ali Hamasko selaku ketua Bakulers UMKM kabupaten Pemalang.***

Penulis : Salma Aulia

Reporter : Nazira Laela Nasta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.