Berita Daerah

Ikuti Kirab Budaya, Tari Simo dan Batik Gringsing Meriahkan HUT Kabupaten Batang ke 52

BATANG – kpipekalongan.com – Minggu, 8 April 2018  Kabupaten Batang, Jawa Tengah telah genap  berusia 52 Tahun.  Untuk memeriahkan HUT Kabupaten Batang, puluhan budaya khas Kabupaten Batang di arak dan ditampilkan diacara Kirab Budaya yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Batang. Salah satunya Tari Simo Gringsing dan Tari Batik Gringsing yang dalam hal tersebut, tariannya menjadi ciri khas baru di Kabupaten Batang. Tari Simo dan Batik Gringsing sendiri ditampilkan dipenghujung acara Kirab Budaya di Pendopo Kabupaten Batang.
Bupati Batang Wihaji mengatakan bahwa, Tari Simo dan Batik Gringsing menjadi tarian baru dan khas di Kabupaten Batang. Tarian tersebut diciptakan dengan riset hingga 2 tahun.
“Ini adalah seni baru, ini adalah ciptaan baru, namanya Tari Simo Gringsing. Ini semangat kita, tarian baru yang kita ciptakan dan nanti  akan kita tampilkan ketika di Jakarta, karena ini bisa kolosal dan berkarakter, risetnya sampai 2 tahun bikin tari ini. Ini menjadi ciri khas baru untuk tarian Kabupaten Batang.”  Ungkapnya.
Selain itu, Ia juga bersyukur kepada Allah SWT, karena Batang mempunnyai alam yang luar biasa.
“Semua kegiatan tadi adalah simbol – simbol berbagi kepada masyarakat dan bersyukur kepada Allah SWT. Batang miliki alam yang luar biasa, terutama hasil pertanian, dalam acara ini kemudian kita jadikan hasil itu menjadi gundungan kemudian gundungan itu kita kembalikan kepada masyarakat dan dari hasil panen itulah kita syukuri. Hari ini tentu menjadi harapan semua masyarakat kabupaten batang, semoga umur yang ke 52 ini, Kabupaten Batang kedepan tambah baik, masyarakatnya tambah baik, dan kita semua guyub rukun tambah baik. ” Harap Wihaji
Pada tahun ini tema yang diangkat dalam peringatan HUT Kabupaten Batang adalah Ayo Infestasi lan Piknik Nang Batang.
“Kedepan nanti kita akan cari tema lain sesuai dengan semangat kita. Kedepan tantangannya mungkin akan beda. Hari ini tantangannya adalah bagaimana masyarakat bisa menikmati pariwisata dan masyarakat luar biasa berinvestasi di di Batang untuk pertumbuhan ekomoni dii Kabupaten Batang.” Pungkas Wihaji. (min)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.