Berita Kampus

Tingginya Kasus Pelecehan Seksual: UKK KSR Adakan Seminar Let’s End Sexual Harassement

PekalonganJurnalphona.com Adakan seminar terkait pelecehan seksual, Unit Kegiatan Khusus (UKK) Korps Sukarela (KSR) sosialisasikan seminar di Auditorium lantai 4, gedung Fakultas Syariah Kampus 2 Universitas Islam Negeri (UIN) K.H Abdurrrahman Wahid Pekalongan. Minggu (11/09)

Seminar yang digelar oleh UKK KSR berhasil mendatangkan 90 peserta dari mahasiswa, yakni mulai dari semester 1 sampai semester 5. Seminar yang telah dipersiapkan selama kurang lebih 2 hingga 3 bulan ini dimulai sejak pukul 8 pagi hingga 12 siang.

Dengan mengangkat tema “Let’s End Sexual Harassement.” yang memiliki arti “Ayo kita hentikan pelecehan seksual.” Menurut penuturan Fidela selaku ketua Panitia, Hal ini datang dari adanya tingginya kasus pelecehan seksual terutama di negara Indonesia.

“Jika kita lihat angka kasus pelecehan seksual di Indonesia sudah semakin tinggi, yakni dari seluruh provinsinya masuk ke dalam top teen. Nah dari sini kita ingin membantu agar mahasiswa lebih berani untuk berbicara atau speak up, dan kita ingin membantu agar mahasiswa merasa lebih aman,” tuturnya saat di temui.

Dengan mendatangkan pemateri dari Ketua Pusat Studi Gender dan Anak UIN GUSDUR Pekalongan, seminar ini berfokus untuk mengenalkan dan juga mengedukasi peserta seminar mulai dari definisi kekerasan seksual, bentuk pelecehan seksual, dan upaya pencegahannya.

Pelecehan seksual sendiri merupakan kejahatan Ekstraordinary yang luar biasa di dunia pendidikan, sehingga perlu adanya upaya untuk meminimalisasinya.

“Mahasiswa kan merupakan bagian dari Civitas Academica yang merupakan agen perubahan dalam berbagai hal edukasi, sehingga bisa melalui komunitas organisasi mahasiswa, dengan bersama kita harus bisa menjadi pilar untuk meminimalisirnya, kita dorong agar mahasiswa ini bisa memiliki rasa empati dan juga rasa melindungi, agar berani untuk speak up apabila menerima perlakuan yang tidak diinginkan,” ujar Ningsih Fadilah Selaku Pembicara Seminar.***

Penulis: Nazira Laela Nasta
Reporter: Muhammad Fauzan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.