Artikel

Kenali Lebih Dalam Tentang Toxic Productivity

Oleh: Muhammad Fauzan

Setiap orang pasti dalam kehidupannya memiliki kesibukan tersendiri. Dan semua orang pasti ingin produktif dalam menjalani harinya. Tetapi terkadang ada orang yang terlalu atau diluar garis dalam melakukan hal yang produktif. Seperti melakukan pekerjaannya atau tugasnya tetapi mereka tidak mempunyai waktu untuk beristirahat. Contohnya saja mahasiswa, sekarang banyak fenomena mahasiswa yang melembur tugas kuliahnya sampai larut malam bahkan bisa sampai pagi hari. Tentu saja hal seperti itu akan berdampak pada kesehatan kita karena jam tidur yang tidak seimbang.


Ketika seseorang ingin bisa dianggap sebagai orang yang produktif, kita harus mempunyai tips agar hari-hari kita bisa menjadi produktif yang tidak berlebihan. Dilansir dari kompas.com perlu kita ketahui bahwa orang yang ‘sibuk’ belum tentu ‘produktif’. Jadi bisa disimpulkan juga bahwa ‘sibuk’ itu berbeda dengan ‘produktif’. Orang yang produktif tentu dia akan memiliki kesibukan. Orang yang produktif akan cenderung mengerjakan tugas mereka secara mendalam dengan hasil yang terus berkembang. Sedangkan orang yang sibuk akan mengerjakan banyak hal dalam satu waktu namun hanya satu waktu namun hanya di permukaannya saja. Dampaknya hasil yang didapat tidak akan maksimal, nah berikut ini adalah Tips yang bisa merubah agar hari kalian menjadi lebih produktif menurut manajemen.uai.ac.id.

  1. Membiasakan Untuk Bangun Lebih Pagi
    Dengan bangun pagi kita akan punya banyak waktu untuk mempersiapkan diri menjalani hari. Kita bisa morning routine dengan tenang dan berpikir sejenak untuk apa yang harus dilakukan hari ini. Sehingga kita akan lebih fokus untuk mengerjakan tugas dengan tuntas. Terlebih lagi jika kita melakukan jogging atau olahraga kecil-kecilan agar tubuh kita tetap sehat. Kita juga akan merasa lebih segar jika kita mandi lebih pagi. Karena menurut kesehatan mandi di pagi hari bisa mencegah dari beberapa penyakit.
  2. Gunakan ‘To-do-Lists’ atau Mencatat Setiap Aktifitas Kita
    Pernah nggak sih kalian bikin sederet agenda kegiatan dalam satu watu, eh tapi yang terlaksana dengan baik cuma beberapa tugas saja? Hal ini terjadi karena to-do-lists yang kita buat terlalu kompleks dan tidak berimbang. Sehingga kita lebih cenderung mengerjakan tugas yang mudah terlebih dahulu. Untuk menghindari hal seperti itu catatlah mulai dari kegiatan yang sekiranya sangat penting terlebih dahulu atau yang kita prioritaskan. Dengan cara seperti ini kita akan lebih mudah dalam menyelesaikan setiap tugasnya.
  3. Make your work system
    Salah satu cara yang bisa membantu kita untuk menyelesaikan tugas yaitu dengan memanajemen waktu. Kita bisa menentukan waktu berapa lama kita bekerja dengan cara mengidentifikasi setiap waktu yang kita butuhkan dalam menyelesaikan pekerjaan. Dengan begitu kita dapat membuat pola kerja setiap harinya dan membiasakan diri.
  4. Kerjakan Tugasmu Walaupun Tidak Ada Motivasi.
    Seringkali tertundanya pekerjaan kita yaitu disebabkan oleh rasa malas atau tidak mempunyai motivasi. Hal seperti itu harus kita ubah mulai dari sekarang. Alasan dari pemikiran seperti itu adalah terlalu fokusnya kita pada hal-hal yang besar sehingga kita dapat kesulitan untuk mengerjakan tugas kita. Jadi, jangan malas memulai pekerjaanmu walaupun tidak termotivasi ya.

Itulah tadi beberapa tips yang kita dapat terapkan agar kita menjadi produktif dan terhindar dari Toxic Productivity. Jadi tunggu apalagi? Mari kita ubah kebiasaan sibuk kita menjadi lebih produktif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.