Berpikirkritis/kumparan.com
Artikel,  Tips & Trik

Masih Belum Bisa Berpikir Kritis?

Oleh: Nazira Laela Nasta

Menjadi seorang pelajar ataupun mahasiswa penting bagi kita untuk memaksimalkan akademik kita di dalam kelas. Oleh karena itu seorang pelajar maupun mahasiswa sudah seharusnya mampu untuk mengasah tingkat pola pikir mereka. Dalam artian bagi seorang pelajar atau mahasiswa kita juga memerlukan media atau beberapa cara untuk meningkatkan kecerdasan kita dalam berpikir. Tentu hal ini akan sangat bermanfaat bagi kita, karena dari sini kita bisa menganalisis secara mendalam mengenai sesuatu, selain itu kita juga bisa berpikir jauh lebih matang untuk mempertimbangkan sesuatu. Berpikir kritis sangat penting bagi kehidupan kita, hal ini dilakukan dengan tujuan agar kita tidak tergesa-gesa dalam mengambil keputusan. Menurut salah satu seorang pakar Cece Wijaya pada tahun 2010 di lansir dari kumpulanpengertian.com berpikir kritis merupakan sebuah kegiatan untuk menganalisis ide maupun gagasan yang jauh lebih spesifik lagi, yakni lebih tajam untuk menganalisis, mengkaji dan mengembangkan secara lebih sempurna.

Kemudian bagaimanakah cara mengasah pola pikir kita? Berikut ini ada beberapa tips bagi mahasiswa dalam mengasah pola pikir kita:

  1. Perbanyak Literasi Bacaan Buku

Berpikir kritis hal ini dapat kita asah secara perlahan, salah satunya adalah dengan memperbanyak literasi kita. Atau dengan kata lain yakni memperbanyak bacaan kita. Ada banyak hal yang dapat kita lakukan seperti halnya membaca mulai dari buku pendidikan, buku fiksi yang sifatnya menghibur seperti contohnya kita membaca buku Novel, Antologi Cerpen, dan juga buku Antologi yang lainnya.

  1. Membuat Kritik Review Pada Sebuah Jurnal

Untuk membantu mengasah pola pikir kita, membuat kritik review pada sebuah jurnal ataupun karya tulis ilmiah yang lainnya hal ini juga sangat bermanfaat. Caranya adalah kita harus membaca jurnal tersebut dari awal sampai habis, kemudian kita bisa membuat kritik review secara pribadi, kita mengulas dan juga kita analisis ada hal apa saja didalam nya, kemudian kita cari tahu hal apa yang kurang didalam nya, di sisi lain pada saat kita membuat kritik review pada sebuah jurnal kita juga bisa membandingkan antara jurnal 1 dengan jurnal yang lainnya.

  1. Perbanyak membaca berita

Salah satu cara untuk mengasah pola pikir kita, selain membaca buku, membaca jurnal kita juga harus memperbanyak wawasan kita mengenai kejadian-kejadian di sekitar kita, salah satunya adalah dengan membaca berita. Untuk berita yang kita baca tidak harus berita yang bersifat politik, namun bisa juga berita-berita yang sifatnya ringan, seperti halnya berita olaraga, berita kesenian, dan berita yang lainnya. Dengan membaca berita, hal ini akan sangat bermanfaat bagi kita, karena apabila kita membaca berita maka informasi yang kita tahu akan semakin banyak, hal ini akan membuat kita menjadi seseorang yang lebih peka terhadap lingkungan. Sehingga dari sinilah kita bisa berpikir jauh lebih berhati-hati dalam bertindak. Selain itu dari sebuah berita kita juga bisa belajar akan banyak hal, belajar untuk mengamati, untuk berpikir lebih rasional lagi akan kebenaran mengenai sesuatu. Dalam artian apabila kita membaca berita hal ini akan menuntut kita mencari tahu akan kebenaran dari berita yang kita baca.

  1. Menonton Tayangan Video Atau Konten Yang Berbau Edukasi

Seperti yang kita ketahui, menonton juga merupakan bagian dari aktivitas yang biasa kita lakukan, biasanya menonton sebuah konten dalam bentuk video ini akan cenderung lebih mudah di serap oleh otak kita, jika biasanya kita hanya menonton hal-hal yang bersifat menghibur, untuk melatih pola pikir kita dan juga menambah wawasan kita, kita juga perlu untuk menonton sebuah video atau konten yang berbau edukasi. Hal ini bisa kita dapatkan di media youtube seperti halnya konten video milik Jerome Polline, Maudy Ayunda, Najwa Shihab, dan masih banyak lagi yang lainnya, yang dapat kita lihat untuk di pelajari bersama.

  1. Berpikir Secara Mendalam

Untuk membuat pola pikir kita jauh lebih kritis, kita juga harus berpikir secara mendalam hingga ke akar-akarnya, hal ini harus kita pikirkan pula, dalam artian kita harus peka dan juga teliti ke dalam suatu hal yang sedang kita amati. Dalam artian kita tidak bisa melihat segala sesuatu hal dari satu sudut pandang saja, akan tetapi dari berbagai macam sudut pandang. Contoh simpelnya adalah seperti hal nya, misal temanmu memakan mie pada pagi hari di kantin kampus. Maka kamu harus berpikir secara lebih kritis, alasan di balik makan mie di pagi hari, dan mengapa temanmu tidak memakan nasi? Padahal pada waktu itu kondisinya masih ada nasi di kantin. Kamu bisa menanyakan pada nya, apakah dia memang suka mie? Atau ada alasan lain kah? Atau bagaimana?. Dari sinilah untuk mengasah pola pikir kita menjadi lebih kritis ini bisa kita mulai dari hal-hal yang kecil. Meskipun biasanya seseorang akan cenderung melupakan dan mengabaikan hal-hal kecil dalam hidupnya. Meskipun sepele namun sebenarnya itu adalah hal yang sangat penting, yang harus kita pikirkan pula. Dengan adanya hal ini maka diharapkan agar kedepannya kita bisa jauh lebih bersikap tenang dan tidak tergesa-gesa dalam mengambil sebuah sikap.

Berpikir kritis sangat penting bagi kehidupan kita ke depan agar lebih baik, terlebih bagi seorang mahasiswa yang notabene nya adalah generasi penerus bangsa, tentu harus mempunyai pola pikir yang lebih kritis dan terbuka. Maka dari itu jangan lupa mulai belajar dari hal-hal yang kecil yuk.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.