Berita Daerah

Kwartir Daerah Jawa Tengah Lantik Mabicab dan Kwarcab Kota Pekalongan Periode 2020-2025

Pekalonganjurnalphona.com Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) dan pengurus kwartir cabang (kwarcab) Kota Pekalongan ikut serta pelantikan oleh Kwartir Daerah (Kwarda) Jawa Tengah (Jateng) secara semi virtual di Ruang Amarta Kompleks Sekretariat Daerah Kota Pekalongan. Kamis, (09/09).

Wali Kota Pekalongan beserta jajarannya dilantik oleh Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Jawa Tengah, Siti Atikoh secara virtual via aplikasi zoom, sebagai pengurus Majelis pembimbing cabang Kota Pekalongan periode 2020-2025. Turut dilantik juga sebagai Mabicab yaitu daerah Sukoharjo, Wonosobo dan Tegal. Setelah prosesi pelantikan Mabicab dilanjutkan dengan pelantikan pengurus andalan Kwartir cabang Gerakan Pramuka Kota Pekalongan oleh Wali Kota Pekalongan sebagai kepala Mabicab yang baru. Dua agenda tersebut dilaksanakan berurutan dalam satu waktu.

Dalam masa pandemi yang tak kunjung usai ini, prosesi pelantikan mengusung hal baru dibanding dengan periode sebelumnya pada tahun 2015. Hampir sebagian pelaksanaannya pelantikan menggunakan metode semi virtual. Namun, hal tersebut tak mengurangi sakralnya acara dan kemeriahan sebab didominiasi oleh anak-anak muda.

Ciri khas yang sangat nampak pada periode ini yaitu hampir 80% Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (forkopimda) hadir dan menjadi sebuah simbol yang luar biasa untuk gerakan pramuka. Muhammad Amhar Azet, selaku Sekretaris 1 Kwartir Cabang Kota Pekalongan Mengungkapkan bahwa, “Sebetulnya pemimpin kita itu peduli dengan pramuka Kota Pekalongan, hanya saja mereka mungkin tidak tahu caranya seperti apa untuk meningkatkan kepedulian itu,” tuturnya.

Upacara pelantikan menjadi momen yang luar biasa. Menurut Ahmad Afzan Arslan Djunaid, organisasi pramuka sangat bermanfaat bagi generasi muda dan keeksisannya harus tetap terjaga. Guna mewujudkan kebermanfaatan serta nilai eksisnya, pengurus mengusung program kerja yang akan dikerjakan lima tahun kedepan, salah satunya membuat seratus pramuka garuda pertahun. Singkatnya, gerakan seratus pramuka garuda adalah upaya meregenerasi anak muda agar tidak cepat puas pada apa yang telah didapat. Misal, puas hanya pada tingkat bantara saja. Dan melahirkan sebanyak-banyaknya pramuka garuda.Rima Fatmawati selaku andalan cabang juga berharap, semoga seluruh unsur dari pengurus Kwartir cabang Kota Pekalongan baik dari ketua sampai anggotanya semua bisa saling bersinergi dan bekerjasama memberikan efek positif. (RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.