Berita Daerah

KP2M IAIN Pekalongan, Adakan Pemilwa Tahap 1 Tahun 2017

Pekalongan (29/12), Komisi Pemilihan Perwakilan Mahasiswa (KP2M) IAIN Pekalongan laksanakan Pemilwa (Pemilihan Perwakilan Mahasiswa) tahap 1 untuk pemilihan SEMA Insitut dan SEMA Fakultas. Unsur yang terlibat meliputi panitia pengawas (Panwas), mahasiswa IAIN Pekalongan dan panitia penyelenggara KP2M sendiri. Pelaksanaan Pemilwa berlangsung sejak pukul 09.00-16.00 WIB di Auditorium IAIN Pekalongan.
Berbeda dari tahun sebelumnya, Pemilwa tahun ini terdapat perubahan namadari KPUM menjadi KP2M selain itu, teknis pencoblosannya juga berbeda. Untuk menjadi peserta Pemilwa, mahasiswa harus memenuhi beberapa syarat yang sudah ditentukan. Syarat menjadi pemilih harus mendaftar ke panitia penyelenggara dengan mengumpulkan KTM dan mengikuti Pemilwa sesuai peraturan baru. Jumlah DPT (daftar pemilih tetap)  yang terdaftar kurang lebih 1300 mahasiswa. Sangat jauh dari target yang sudah ditentukan oleh panitia KP2M. “DPT yang terakhir saya lihat kemarin, baru 1/4 dari target yang kami tentukan. Ini sangat jauh pastinya.” Ujar Khafifudin selaku ketua KP2M.
Pemilwa diikuti oleh 7 partai, masing-masing partai mengusulkan calon untuk Sema Institut dan Sema Fakultas. Pemilwa penting dilaksanakan guna pembelajaran bagi mahasiswa agar mengetahui miniatur mekanisme pencoblosan di kampus dalam simulasi terkait pendidikan politik. Untuk perhitungan suara sendiri dilakukan pukul 19.30 WIB. Perolehan hasil suara tertinggi SEMA Fakultas dan SEMA Institut dimenangkan calon yang diusung oleh partai FORDEM, dengan total perolehan suara 589. 
Selanjutnya Pemilwa tahap 2 akan dilaksanakan pada tanggal 18 Januari 2018. Untuk pemilihan DEMA Institut dan DEMA Fakultas. Ketua pelaksana Pemilwa Khafifudin, berharap  penyelengaraan Pemilwa dapat berjalan dengan tertib, lancar dan tidak ada halangan. Kedepannya calon-calon yang terpilih diharapkan mampu menjalankan tugas sesuai dengan pemerintahan mahasiswa di IAIN Pekalongan sendiri. (Hunik/Fitri/Lusi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.