Berita Daerah

Animo masyarakat tinggi, Pekalongan Ballon Festival 2023 berjalan meriah

PekalonganJurnalphona.com Pekalongan Ballon Festival 2023 meriahkan libur lebaran 2023. Festival yang digelar di Stadion Hoegeng ini mengundang antusiasme masyarakat sekitar untuk meramaikan tradisi syawalan yang digelar pada 8 hari setelah Hari Raya Idul Fitri di Pekalongan. Sabtu (29/4).

Pekalongan Ballon Festival 2023

Walikota Pekalongan, Achmad Afzan Arslan Djunaid mengungkapkan, tujuan diadakannya Pekalongan Ballon Festival 2023 ini ialah sebagai bentuk ikhtiar Pemerintah Kota Pekalongan untuk mewadahi budaya nenek moyang yaitu menerbangkan balon pada saat syawalan.

Ada 92 peserta yang mengikuti Pekalongan Ballon Festival 2023 ini, kita tidak ingin menghilangkan budaya, justru mewadahi komunitas agar tidak membahayakan lalu lintas udara”, ujar Walikota Pekalongan.

Tak hanya dari Pekalongan, peserta Pekalongan Ballon Festival 2023 kali ini juga berasal dari daerah-daerah lain di sekitar Pekalongan yang ikut serta meramaikan festival.

Peserta berasal dari Kota Pekalongan, Kabupaten Pekalongan, Batang, Wonosobo dan lain-lain. Masyarakat sangat antusias, seharusnya penonton hanya di tribun tapi saking antusiasnya sampe jebol masuk ke lapangan”, tutur Fajar selaku panitia acara.

Tak hanya diikuti oleh komunitas, acara Pekalongan Ballon Festival 2023 ini juga turut serta diramaikan oleh keluarga-keluarga yang membuat balon sendiri.Pengunjung yang hadir tidak hanya masyarakat dari Pekalongan saja, namun ada pula dari luar daerah.

Farha, Pengunjung

Seneng banget, baru pertama kali liat festival ballon di Pekalongan dan exited banget dengan acara ini. Semoga bisa dijaga acara seperti ini, dan peserta maupun masyarakat bisa menjaga tradisi dan ketertiban sesuai peraturan yang ditetapkan”, ungkap Farha salah satu pengunjung asal Bekasi.

Walikota Pekalongan berharap acara ini bisa membuat komunitas semakin tertata dan semakin baik, serta bisa menjadi hiburan bagi masyarakat Pekalongan dan sekitarnya.***

Penulis: M Yoga Firmansyah

Reporter: Ika Amiliya Nurhidayah, Mustofa Ali Jinan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.