Essay

Dampak Negatif Produk Import Terhadap Pengusaha Lokal

Oleh: Shinta Nuriyah

Berbicara mengenai produk import tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia, seiring berkembangnya zaman teknologi semakin canggih yang dapat membantu kita dalam segala kegiatan, salah satunya kegiatan berbelanja secara online. Di Indonesia memiliki beberapa e-commers yang sudah cukup terkenal yang didalamnya menjual berbagai macam produk, tidak hanya produk dalam negeri saja tetapi juga produk luar negeri. Import sendiri merupakan suatu kegiatan mengirim barang atau memasok barang dari suatu negara ke negara lain.
Produk import yang dijual di marketplace beragam, mulai dari aksesoris, sepatu, pakaian, barang elektronik, kosmetik dan juga peralatan rumah dengan harga yang terbilang sangat murah dan juga memiliki kualitas yang bagus, selain itu penjual asal China tersebut memberikan tarif ongkos kirim yang cukup murah yang menjadikan produk import ini menjadi produk favorit masyarakat Indonesia. Produk yang dijual oleh e-commers Indonesia didominasi oleh produk import daripada produk lokal. Dikutip dari Merdeka.com data yang diperoleh bahwa hampir 90% produk yang dijual adalah produk import, hal ini akan menyebabkan para pengusaha lokal kesulitan dalam memasarkan produknya yang berisiko mengalami kebangkrutan.
Berbeda dengan produk lokal yang harganya 2x lipat lebih mahal dari produk import ini menjadikan masyarakat Indonesia beralih ke produk import yang harganya lebih murah. Mengapa produk lokal harganya lebih mahal? Karena Indonesia sendiri mendapatkan bahan baku tersebut dengan cara import sehingga biaya produksi Indonesia lebih tinggi. Berangkat dari hal ini, seharusnya pemerintah lebih memperhatikan lagi dan berbenah serta menyadari, mungkin dengan cara berinvestasi untuk menyiapkan industri yang dapat mendukung pengusaha lokal agar proses produksi di dalam negeri lebih murah dan juga pihak e-commers membatasi penjual luar negeri agar tidak kelewat batas dalam memasarkan produknya secara bebas untuk meminimalisir konsumsi produk import serta mendukung dengan cara memberi akses yang luas bagi pengusaha lokal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.