Berita Daerah,  Berita Kampus

Duka Palu dan Donggala, Duka Kami Juga

Pekalongan – kpipekalongan.com – Bencana alam yang melanda sebagian wilayah Sulawesi, yakni daerah Palu, Donggala dan sekitarnya cukup meninggalkan duka yang mendalam, bukan hanya untuk warga yang tinggal didaerah sekitar gempa, tetapi juga seluruh masyarakat Indonesia.

Jumlah korban yang tak sedikit, dan kerugian materiil menjadi dampak dari bencana alam yang melanda daerah tersebut.  Tak hanya itu kehilangan keluarga dan sanak saudara juga menjadi dampak psikologis bagi mereka. Begitu pedih cobaan yang sedang mereka rasakan, seakan mengundang simpati seluruh masyarakat Indonesia untuk membantu meringankan beban mereka.
Seluruh elemen masyarakat mulai dari TNI, POLRI, Jajaran Pemerintahan, berbagai organisasi masyarakat dan organisasi mahasiswapun ikut bergotong royong membantu warga yang terdampak bencana. Berbagai aksi galang dana pun digelar, disetiap perempatan jalan, di berbagai kota di Indonesia. Seperti yang terjadi diwilayah sekitar Pekalongan. 
Kali ini Aksi Galang Dana yang diberinama “Kita Peduli”  digelar di Lapangan Bebekan. Merupakan aksi galang dana gabungan dari beberapa organisasi mahasiswa di IAIN Pekalongan, yakni UKM Teater Zenith, UKM Sport, UKM Seni Musik El-fata, HMJ KPI, UKK KSR, SMI (Serikat Mahasiswa Indonesia) dan IPNU-IPPNU, yang semuanya itu merupakan wujud kepedulian mahasiswa IAIN Pekalongan terhadap gempa yang melanda daerah Palu dan Donggala.
Acara yang digelar pada Kamis malam (4/10) itu berjalan lancar dan kondusif. Untuk menarik perhatian masyarakat sekitar, mahasiswa melakukan pertunjukkan music dan Body Painting. Penggalangan dana ini juga diikuti oleh perwakilan masing-masing organisasi yang jumlahnya  tidak sedikit. Ada puluhan mahasiswa yang hadir dalam aksi tersebut. Mereka disebar dibeberapa titik. dipertigaan, perempatan, dilampu merah, hingga ada yang menyusuri setiap sudut Lapangan Bebekan. Dari hasil jerih payah mahasiswa hingga larut malam itu, terkumpul dana mencapai lebih dari 7 juta rupiah. 
Aksi gabungan dari organisasi mahasiswa di IAIN Pekalongan ini, merupakan salah satu dari banyaknya aksi galang dana yang digelar di wilayah Pekalongan. Pada dasarnya, bencana alam yang terjadi di Palu dan Donggala, merupakan ujian sekaligus peringatan dari Allah SWT. Banyak sekali hikmah yang bisa diambil dari adanya bencana ini. Salah satunya adalah mempersatukan kembali bangsa Indonesia. Beberapa waktu lalu sempat muncul adanya isu-isu perpecahan yang dilatar belakangi oleh masalah politik. Dengan adanya ujian ini, semua elemen masyarakat mulai dari jajaran Pemerintahan hingga Ormas dan Ormawa, bersatu padu, gotong royong untuk memulihkan semangat hidup masyarakat di wilayah yang terdampak gempa. Karena, duka Palu dan Donggala, duka kami juga, seluruh bangsa Indonesia. (FN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.