Berita Daerah

Festival Gethuk 300 Meter

Batang- kpipekalogan.com – Dalam rangka sambung perayaan HUT RI ke-73 warga Rt 01 Rw 03 Seklatak Denasri Wetan, Kecamatan Batang, Kabupaten Batang menggelar Festival Gethuk dengan panjang 300 meter pada Sabtu (01/9). Terlihat puluhan warga Seklatak Denasri Wetan, Kecamatan Batang, Kabupaten Batang berkumpul di salah satu rumah membuat gethuk sepanjang 300 meter tersebut.

Acara ini menyita banyak perhatian warga sekitar, karena pertama kali diadakan, sekaligus belum pernah ada di Kota Batang. Ide ini bermula dari inisiatif para warga,  agar berbeda dengan acara-acara sebelumnya.

“Untuk festival gethuk ini baru sekali diadakan, dan merupakan ide langsung dari para warga, karena jika hanya mengadakan lomba-lomba, kerja bakti, dan pentas seni sudah terlalu sering dilakukan,” ujar Sugiyati (52) salah satu warga.

Persiapan dilakukan selama 2 hari dengan menyiapkan pohong, parutan, kelapa dan kincau, sebagai bahan-bahan dasar pembuatan gethuk.

foto festival gethuk 300 meter

“Para warga mengolah 1 ton pohong dan setiap rumah mempersiapkan kelapa parut dan kincau. Selanjutnya warga menata rapi 216 meja, 60 lampu dan kabel dengan panjang 300 meter,” pungkas Yadi (53) warga seklatak.

Masyarakat sangat senang dan berharap agar acara ini lebih maju lagi di tahun berikutnya, sekaligus menjadi ajang pelestarian makanan tradisionl getuk.

“Saya sangat senang sekali, apalagi ini merayakan HUT RI ke-73 dengan melestarikan makanan tradisonal yaitu gethuk,” ucap Kukoh (19) salah satu pengunjung. (ars)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.