Berita Daerah

Puncak Java Balloon Festival Pekalongan 2018

Pekalongan – kpipekalongan.com – Tradisi syawalan sudah sangat melekat pada masyarakat khususnya daerah Pekalongan. Syawalan merupakan sebuah tradisi, yang dilaksanakan seminggu setelah Idul Fitri. Masyarakat Pekalongan rutin melakukan tradisi syawalan dengan menerbangkan balon udara pada setiap tahunnya. Tak terkecuali pada tahun ini. 
Kementrian perhubungan melalui Dirjen Perhubungan Udara dan AirNav Indonesia mengadakan lomba balon udara sebagai tradisi syawalan dengan menerbangkan balon udara pada ketinggian tertentu  dan balon diikat menggunakan tali sehingga tidak mengganggu lalu lintas udara. “Dengan ini bersama-sama pemerintah kota Pekalongan mengadakan operasi atau penjagaan agar balon tidak diterbangkan melainkan ditambatkan pada tali demi keselamatan penerbangan” tutur Sri Ruminingsih selaku Sekda Kota Pekalongan dalam sambutannya pada jumat, 23 Juni 2018.
Java Balloon Festival Pekalongan 2018, dilaksanakan selama tiga hari yaitu 21-22 Juni 2018 untuk penambatan balon, dan 23 Juni 2018 malam puncak serta pengumuman pemenang lomba. “Kota Pekalongan sungguh luar biasa, karena ditempat lain lomba hanya dilaksanakan satu hari, tetapi di Pekalongan lomba balon udara dilaksanakan selama dua hari, saya sangat mengapresiasi antusias masyarakat Pekalongan yang sangat luar biasa ini” Lanjutnya.
 Lomba balon udara tersebut diikuti oleh 30 kelompok peserta yang datang dari berbagai wilayah di Kota Pekalongan, pemerintah berharap agar Festival ini semakin meriah setiap tahunnya. “Saya sangat mengapresiasi warga Pekalongan terutama pada Pemerintah serta AirNav yang sudah memfasilitasi acara ini dengan meriah” tutur Saelany Machfudz selaku Walikota Pekalongan. (wdy/hng)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.