Berita Daerah

Gelar Pasar Ikan Murah, Pemkab Pekalongan Ajak Masyarakat Gemari

KAJENkpipekalongan.com– Selasa pagi kemarin 6/5/18 , masyarakat Paninggaran Kabupaten Pekalongan terlihat berbondong-bondong menuju Kecamatan Paninggaran untuk mengunjungi pasar murah ikan yang diselenggarakan  oleh Pemkab. Pekalongan dalam rangka untuk memacu masyarakat agar gemar makan ikan. Mereka nampak antusias mengunjungi acara Gemari (Gemar Makan Ikan) tersebut yang dihadiri langsung oleh Bupati H. Asip Kholbihi, didampingi Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan serta Kepala Dinas Kelautan Kabupaten Pekalongan.

Menurut Bupati, meski ikan bergizi tinggi, namun konsumsi makan ikan di masyarakat Pekalongan termasuk masyarakat Paninggaran masih sangat kurang yaitu baru 21% dari yang seharusnya 30%. Oleh karena itu Pemkab. Pekalongan bekerjasama dengan Dinas Kelautan dan Dinas Perdagangan di bulan puasa ini menggerakkan masyarakat untuk gemar makan ikan terutama di Kecamatan Paninggaran dan Kandangserang.  “Hari ini adalah promosi gemar makan ikan di Kabupaten Pekalongan. Saat ini Kita membagikan 1.000 kupon kepada masyarakat dengan subsidi 50%. Kalau biasanya harga ikan 10 ribu rupiah, maka hari ini kita jual 5 ribu rupiah,” ujar Bupati.

Dijelaskan Bupati, ikan yang berasal dari daerah utara Kab. Pekalongan tersebut diolah di wilayah Kedungwuni dan selanjutnya didistribusikan ke daerah Paninggaran dan Kandangserang. Sebaliknya nanti hasil perkebunan dari daerah ini akan kita salurkan ke daerah daerah bawah. “Jadi ada distribusi silang. Ikan dari daerah Jambean Wiradesa, beras nanti dari Sragi dan Bojong, kemudian sayuran dari daerah Paninggaran. Inilah yang disebut bagaimana kita menerjemahkan kemandirian pangan secara lokal di Kab. Pekalongan, dengan cara menukar/sirkulasi komoditas sehingga masyarakat bisa mendapatkan barang yang murah dengan kualitas yang bagus,” jelasnya.

suasana bazar


Sementara itu dari hasil kunjungan kerjanya ke pasar desa Paninggaran, Bupati menyarankan untuk dilakukan kajian lebih serius lagi agar status pasar paninggaran dapat  ditingkatkan menjadi pasar Kabupaten mengingat perkembangannya juga sangat dinamis dan kebutuhan masyarakat untuk tempat usaha juga harus dijawab dengan kelayakan pasar karena kalau hanya mengandalkan desa saja ini tidak akan bisa berkembang secara baik. “Saya meyakini ini bisa menaikkan pertumbuhan ekonomi. Pasar ini luasannya cukup dan letaknya juga strategis. Tinggal nanti dari pihak desa menyerahkan aset kepada Pemkab, dan nanti akan kita kelola lalu kita tingkatkan menjadi pasar kabupaten,” ujarnya.


Bupati menambahkan, setelah ditingkatkan statusnya, pasar ini nanti akan tetap bekerjasama dengan desa, sehingga keuangan desanya juga masih tetap dapat, hanya status pasarnya saja akan ditingkatkan sehingga bisa tertata dengan baik.  “Nanti akan ditata kembali tempat parkir dan undergroundnya, sehingga sebagai jalur propinsi, Paninggaran tidak akan macet pada saat pasaran. Disamping itu, harga  sembako yang stabil disini bisa dijadikan ukuran untuk pengendalian inflasi di Kab. Pekalongan. (min)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.