Berita Daerah

Terkait UNBK Tingkat SMP/MTS di Batang, Disdikbud Akan Tingkatkan Target



BATANG – kpipekalongan.com – Pelaksaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Kabupaten Batang rupanya masih dalam angka 63 persen, hal tersebut belum mencapai target yang telah ditentukan oleh pemerintah pusat, bahwa UNBK harus mencapai 70 persen di sekolah tingkat SMP dan MTS se Kabupaten Batang. Tentu hal ini menjadi pekerjaan rumah (PR) bagi Pemerintah Kabupaten Batang khususnya  Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. 
 
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Achmad Taufiq menjelaskan bahwa, UNBK di Kabupaten Batang di target oleh Kementerian 70 persen, dan masih tercapai 63 persen.
“Dengan berbagai kendala dan kesiapan dari sekolah karena belum siap pengadaannya dan sebagainya. Dari 63 persen itu ada yang menumpang, sudah mandiri, dan ada yang sarana prasarananya itu pinjam. Tahun ini belum mencapai target, namun Insya Allah di tahun depan karena kita di target 100 persen mudah – mudahan bisa tercapai.”  Ungkap Achmad Taufiq saat ditemui di Gedung Pramuka pada Rabu, (21/3/2018).

Sabar Mulyono, Kepala Bidang Pendidikan Dasar juga menjelaskan bahwa, sekarang MTS dan SMP yang sudah melaksanakan UNBK sudah 63 persen dan yang belum ada 37 persen.

“Jadi jumlah yang belum melaksanakan UNBK tingkat SMP ada 21 sekolah, dan MTS ada 20 sekolah atau masih menggunakan Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil (UNKP).” Jelasnya

Sabar juga membeberkan bahwa, pelaksanaan UNBK dan UNKP tingkat SMP dan MTS akan laksanakan mulai tanggal 23 April 2018 sampai 26 April 2018.

“Pelaksanaan UNBK dan UNKP tanggal pelaksanaannya sama, cuma kalau UNBK itu dalam satu hari ada tiga sesi, tapi kalau UNKP hanya sekali.” Bebernya.

Selain itu Kepala Bidang Pendidikan Dasar tersebut juga  mengatakan supaya para siswa siswi tidak boleh takut dalam menghadapi ujian nasional. 
“Sekarang tidak ada istilah takut menghadapi ujian nasional, karena ujian nasional berdasarkan peraturan yang baru tidak menentulan kelulusan, yang menentukan kelulusan adalah Ujian Sekolah Berstandar Nasional.”  Ungkapnya (min)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.