Berita Daerah

Jelang Hari Raya, Beberapa Harga Bahan Pokok di Pasar Grogolan Alami Lonjakan Harga

PekalonganJurnalphona.com Menjelang Hari Raya Idul Fitri beberapa bahan pokok mengalami kenaikan harga di Pasar Grogolan pada Rabu (19/4).

Kenaikan harga terjadi mulai dari bahan pokok seperti sayur, daging ayam hingga sembako. Menurut Tamari (55 th) pedagang sayur, ada beberapa sayur yang mengalami kenaikan harga seperti tomat, bawang bombai dan cabai merah.

Tamari, pedagang sayur

Ada tomat, bombai awalnya 40 ribu per kilogramnya. Sekarang jadi 45 rb per kilogramnya. Tomat 20 ribu per kilogram awalnya kemudian menjadi 25 ribu, Lombok 40 ribu, kalau kemarin antara 25-30 ribu rupiah,” ujarnya.

Selain itu beberapa bahan pokok yang mengalami kenaikan adalah daging ayam misalnya. Nining (43 th) mengungkapkan Harga daging ayam awalnya berkisar 35-36 ribu rupiah kemudian naik menjadi 40 ribu rupiah.

Biasanya kan 35-36, terus ini hampir 40, terus ngga tau nanti malem naik lagi apa gimana,” tuturnya.

Disamping itu sembako juga turut mengalami kenaikan, Mus (47 th) menuturkan harga sembako yang naik mulai dari beras, minyak dan telur. Namun untuk beras dan minyak hanya mengalami kenaikan sekitar seribu rupiah saja. Sedangkan untuk telur harganya masih tergolong stabil.

Banyak yang naik harga seperti beras, minyak, telor. Kalo beras paling sekitar seribu lah perkilo naik. Minyak perkilo dari 15 ribu naik 16 ribu, kalo telor masih stabil,” katanya.

Sementara jika dilihat dari suplai distributornya, Mus mengatakan bahwa suplai distributor tersendat. Tetapi tidak dengan Riski (35 th) penjual sembako, menurutnya suplai dari distributor tergolong stabil. Namun untuk harga saat menjelang puasa relatif mengalami kenaikan.

Ya masih stabil, naiknya drastis pas menjelang bulan puasa malah,” tuturnya.***

Penulis: Muhammad Fauzan

Reporter: Ika Amiliya Nurhidayah, Nailis Sa’adah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.