Berita Kampus

Launching Peringatan Hari Santri 2022, UIN Gus Dur Jadi Tuan Rumah

PekalonganJurnalphona.com Launching Peringatan Hari Santri 2022 digelar meriah di Lapangan Kampus II UIN KH. Abdurrahman Wahid Pekalongan, dengan mengusung tema “Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan”. Selasa (27/09).

Hari Santri merupakan event nasional yang diselenggarakan langsung oleh Kementerian Agama Republik Indonesia. Tahun ini, Universitas Islam Negeri (UIN) KH. Abdurrahman Wahid Pekalongan berkesempatan menjadi tuan rumah acara Launching Peringatan Hari Santri 2022.

Acara ini dihadiri oleh Kementerian Agama Republik Indonesia, Dirjen Pendidikan Islam, dan beberapa bintang tamu yang ikut memeriahkan acara launching kali ini. Seperti pentas musik dan shalawat yang dibawakan oleh Zulfikar Basyaiban, Veve Zulfikar, Woro Widowati, dan Grup Qasidah Qasima.

Muh. Ali Ramdhani selaku Dirjen Pendidikan Islam mengajak seluruh masyarakat untuk mengenang, mengingat, dan meneruskan perjuangan pesantren.

“Sejarah telah menunjukkan pesantren melalui santri-santrinya telah mampu mengisi seluruh strata kehidupan bangsa ini,” terangnya.

Di hadapan para santri, mahasiswa, serta masyarakat luas, Menag Yaqut kembali mengingatkan bahwa hari santri bukanlah ajang euforia, melainkan untuk mengenang jasa-jasa santri terdahulu.

“Hari ini kita merayakan apa yang dinamakan Hari Santri, anugrah Presiden kepada para santri. Tapi saya ingatkan, pengakuan atas jasa-jasa masa lalu itu, bukan pengakuan atas apa yang kalian lakukan sekarang. Peringatan Hari Santri bukan semata-mata menjadi kebanggaan atau euforia para santri sekarang, karena ini adalah jasa santri-santri terdahulu,” ujarnya.

Terakhir, Gus Men (Panggilan akrab Menag) berpesan kepada santri-santri untuk terus taat pada perintah agama terutama perintah untuk menjaga maqashid syariah. Ia juga mengatakan, dengan tema ini diharapkan santri-santri mampu berdaya, menjaga Islam, menjaga dirinya, dan bisa menjadi harapan bangsa untuk kedepannya.***

Penulis: Kharisma Shafrani

Reporter: Nazira Laela Nasta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.