Berita Daerah

Pawai Ta’aruf Santri dan Guru TPQ 2017

PEKALONGAN (21/9/2017) Gema Muharam, Pawai ta’aruf santri dan guru TPQ tahun 2017 merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan oleh batqo atau badan koordinasi TPQ kota Pekalongan bersama dengan pengurus masjid, dan pemerintah kota Pekalongan. Kegiatan ini bertujuan untuk mensyiarkan Islam dan sekaligus menyambut tahun baru Islam, 1439 H. Gema Muharam ini dilaksanakan di masjid agung Al-Jami’ Kota Pekalongan.
Gema muharam diawali dengan khataman akbar oleh seluruh peserta, dilanjut dengan istighosah, kemudian dengan membaca do’a awal tahun dan diakhiri dengan pawai. Pawai dimulai dari area alun-alun kota Pekalongan melalui jalan Sultan Hasanudin lanjut ke jalan Sultan Agung kemudian belok kanan menuju  jalan Semarang dan jalan Agus Salim dan  finish di lapangan Sorogenen Kota Pekalongan. Acara ini dibuka secara simbolik dengan mengangkat bendera sekaligus melepas peserta pawai oleh Pelaksana Tugas (PLT) Walikota Pekalongan Saelany Mafudz. Pawai kali ini diikuti oleh ribuan santri TPQ di kota Pekalongan, dengan berbagai macam kreasi unik yang dikenakan.
Dengan adanya acara ini M. Zimam Arafik selaku ketua pelaksana dari gema muharam, berharap agar anak-anak mengenal syiar gema muharam, mengerti kalender hijriah dalam Islam, menjadi lebih dekat dengan Al-Qur’an yang kemudian bisa menjadi ahli qur’ani.

Reporter dan penulis:

Yusuf Mantoro dan Nina Fitriani
Editor:

Imas Lusyani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.