Berita Kampus

Resmi Dibuka, Ekspo Pesantren Jadikan Santri Mandiri

PekalonganJurnalphona.com Dalam rangka memperingati Hari Santri tahun 2023, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan mengadakan Expo Pameran Kemandirian Pesantren selama dua hari dari tanggal 19-20 Oktober 2023. Kamis, (19/10).

Expo yang bertema “Jihad Santri Jayakan Negeri” merupakan acara yang menampilkan produk-produk
pesantren penerima bantuan inkubasi yang terdiri dari 55 pesantren se-Eks Karesidenan Pekalongan, yang bertempat di halaman Fakultas Ekonomi Bisnis Islam (FEBI) UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

Acara ini dibuka langsung oleh Rektor UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan Bapak Prof. Dr. H. Zaenal Mustakim, M.Ag.

Jihad santri saat ini bukan lagi mengangkat senjata, tetapi bagaimana santri bisa mandiri,” ucapnya.

Expo ini dihadiri oleh para santri, siswa madrasah, dan masyarakat umum dari eks-Karesidenan Pekalongan. Terdapat 72 stand yang ada di expo ini.

Ketua pelaksana, Dr. H. Muhlisin, M. Ag menuturkan pengisi stan tidak hanya pondok pesantren saja, melainkan ada dari internal kampus juga.

Stan yang terdiri 58 pondok pesantren dan 14 lembaga unit serta perwakilan dari internal UIN K.H. Abdurrahman Wahid,” tuturnya.

Salah satu pengunjung, Nurasih seorang Guru MTS Al Utsmani Kajen memberikan apresiasi terhadap acara ini.

Acara sangat bagus walaupun baru perdana, jadi untuk kedepannya stan pamerannya lebih banyak dan bervariatif lagi,” tutur Nurasih.

Expo ini menjalin silaturahmi antar pesantren partisipasi fakultas dan lembaga pada kegiatan yang bernilai strategis dalam konteks sosialisasi pengenalan kampus sebagai bagian kegiatan dari upaya menarik minat para santri untuk melanjutkan pendidikan di kampus UIN Gus Dur.***

Reporter: Lia Alfiana
Penulis: Mustofa Ali Jinan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.