Berita Daerah

Topeng Raksasa, Gebyar Parade 20 Reog Ponorogo

Pemalang – kpipekalongan.com Kelompok penari Singo Bolang Kertodiharjo mainkan kesenian Reog Ponorogo di Lapangan Desa Pagargunung, Ulujami, Pemalang, Jawa Tengah pada Minggu

 (06/05/18).

Tujuan kesenian ini selain melestarikan budaya, juga mengembangkan seni, kenalkan pada generasi muda agar tidak punah.
Aksi pentas seni keliling Indonesia ini sukses menyita perhatian warga. Penonton sampai harus rela berdesakan untuk bisa menyaksikan pertunjukan Reog Asli Jawa Timur tersebut. Topeng Raksasa Gebyar Parade 20 Reog Ponorogo ini baru pertama kali di gelar di Desa Pagergunung.
suasana tarian 

“Sebuah seni harus dikembangkan agar tidak tenggelam ditengah globalisasi. Sebagai generasi muda kita harus bisa meelestarikan budaya bangsa kita. Ujar Indah Silviani (19) salah satu penonton.  
Gebyar Parade 20 Reog Ponorogo dimulai pukul 13.00 WIB.Dengan karcis masuk 10 ribu, warga dapat melihat pertunjukan Reog Ponorogo. “Acara ini sangat positif untuk pencerahan bahwa seni ponorogo itu budaya dari Indonesia. Semoga acara itu dapat ditingkatkan kembali dan dilajutkan di wilayah yang lain.”  Ujar Haris, Waka Polsek Ulujami.
Debus, tari dadak merak, atraksi, legenda pemuda ponorogo dan pertunjukan lainnya turut meriahkan acara ini.
“Singo Bolang Kertodiharjo  terdiri dari sekitar 80 personil. Pertunjukan ini memperkenalkan seni reog ponorogo dari Jawa Timur pada masyarakat. Harapanya acara ini semakin lancar dan menusantara.” Tutur Basir, salah satu personil. (HN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.